End of support for Windows 7

Tepatnya tanggal 13 Januari 2015 kemarin, Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows 7, itu merupakan bagian dari Windows Lifecycle, tidak perlu panik namun juga harus tetap waspada. Perangkat PC yang terinstall Windows masih bisa digunakan namun apabila terjadi sesuatu misalnya terkena virus atau masalah lain mengenai Windows, tanggung sendiri ya.

Namun dengan berakhirnya dukungan Windows 7 ini, itu berarti tidak akan ada lagi fitur baru atau semacam tweak baru. Dan tidak bisa lagi menelpon atau menghubungi pihak Mincrosoft apabila terjadi masalah dengan Windows 7. Saya pribadi tidak terlalu peduli akan hal ini. Karena sudah beberapa bulan terakhir, saya sudah tidak menggunakan Windows lagi.

Baca juga: kelebihan dan kekurangan Ubuntu.

Jadi begini, bukannya saya mengajak untuk menggunakan Ubuntu, namun setidaknya apabila menggunakan Ubuntu tidak perlu was-was memikirkan hal semacam ini, hal semacam Windows 7. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika migrasi menggunakan Ubuntu dari Windows. Waktu itu ketika saya memakai Windows, semakin hari semakin malu, karena saya menggunakan Windows yang ilegal, jujur saja.

Saya malu kepada diri saya sendiri, dalam hati seraya berbicara “kenapa sih pakai Windows bajakan? Apa susahnya sih pakai yang legal dan beli yang asli? Gak punya uang? Nabung dong!” kurang lebih begitu. Perasaan tersebut terus menerus menghantui saya, sampai-sampai tidak bisa fokus bekerja. Kenapa? Mau bilang lebay? Boleh silahkan. Saya akan terima.

Namun ingat, please stop menggunakan Windows bajakan. Look at yourself. Mau sampai kapan pakai Windows bajakan terus? Kapan bisa menghargai karya yang telah dibuat susah payah oleh orang lain? Kapan bisa menghargai orang lain? Please stop, Bro.

Memang Windows seperti sudah mendarah daging, karena kebanyakan orang telah menggunakannya sejak pertama kali belajar komputer, hal itu juga terjadi pada saya (dulu). Dan beberapa bulan belakangan saya mulai sadar dan berpikir, “oh, mungkin ini juga bisa menyebabkan terhambatnya rejeki, karena tidak bisa menghargai karya orang lain dan juga memakai yang bukan hak kita”.

So, dengan adanya End of support for Windows 7 ini, saya berharap banyak teman-teman yang nyasar dan mampir untuk membaca tulisan ini dan stop menggunakan produk ilegal. Memang, saya tekankan lagi, untuk berubah itu susah, perlu adanya penyesuaian dan butuh waktu yang cukup lama. Terutama untuk meninggalkan Windows.