Kelebihan menggunakan produk luar

“Cintai dan belilah produk dalam negeri”

adalah kalimat yang sering saya dengar. Ada bagusnya juga sih, karena dengan menggunakan produk lokal maka kita sudah ikut berkontribusi dalam membangun perekonomian negeri kita tercinta. Bagaimana apabila kualitasnya serta layanannya kurang bagus, tetap harus dibeli juga? Saya yakin tidak semua orang yang ingin membeli produk yang kurang bagus. Mengapa tidak semua orang? Karena terkadang ada beberapa orang yang tidak begitu mempedulikan kualitas, yang dilihat adalah harganya yang murah.

Kalau saya pribadi sih lihat kualitas terlebih dahulu. Bagaimana untuk menentukan kualitas sebuah layanan, produk atau jasa? Ya kita harus membeli atau membeli terlebih dahulu, ingatlah pada penggalan lirik lagu Coldplay, “if you never try, you never know”. Resikonya adalah kalau jelek, maka kita akan rugi dan kalau bagus ya terus aja jadikan langganan. Nah dari kegiatan “coba-coba” tersebut hikmahnya adalah dapat pengalaman. Cara lain juga bisa bertanya pada yang lebih pengalaman dan minta rekomendasi dari beliau.

Kali ini saya ingin cerita sedikit mengenai produk atau layanan digital. Produk lokal dalam bentuk digital tentu makin bertambah seiring waktu, produk lokal juga masih banyak yang bagus. Namun terkadang dalam kegiatan “coba-coba” tersebut saya sering sial karena mencoba produk yang kurang bagus. Hal baiknya adalah, saya jadi tahu mana produk yang tidak boleh dibeli dan mana produk yang layak dibeli untuk ke depannya.

Saya tidak mengajak untuk menggunakan produk/layanan luar, yang lokal juga masih banyak kok yang bagus. Saya hanya ingin share pengalaman saja. Dan berikut merupakan beberapa benefit dari menggunakan produk luar menurut saya:

Tersedia banyak coupon/diskon

Ya, siapa yang tidak suka dengan diskon, pasti semua orang menyukainya, termasuk juga saya dong. Nah, yang asik dari layanan luar negeri adalah selalu tersedia coupon ketika hendak membeli sesuatu. Ambil contoh saja domain, seperti saya beberapa hari kebelakang ketika hendak membeli domain di GoDaddy, selalu ada saja promosi atau potongan harga, bahkan harga domain .com hanya $1.49 saja! Murah bingits. Namun sayangnya, untuk offer tersebut hanya tersedia metode pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit saja.

Nah, tentu berbeda ketika hendak membeli domain di registrar dalam negeri, susah sekali untuk mendapatkan coupon code, karena biasanya kode kupon hanya tersedia pada momen tertentu saja seperti lebaran, akhir tahun, dsb. Kelebihannya hanya terletak pada kemudahan pembayaran saja, yaitu bisa menggunakan transfer bank lokal. Sama satu lagi, customer support menggunakan bahasa Indonesia tentunya, jadi lebih mudah untuk berdiskusi apabila ada trouble.

Layanan lebih baik

Nah, tidak bisa dipungkiri bahwa sejelek-jeleknya layanan luar, masih lebih bagus apabila dibandingkan dengan kualitas layanan serupa dalam negeri. Karena saya punya pengalaman yang kurang enak ketika menggunakan layanan registrar dan hosting lokal (saya tidak mau menyebutkan namanya), yang jelas mengecewakan sekali. Mulai dari tiket support yang lama sekali balasannya sampai ke layanannya yang sering down gak jelas. Namun yang saya heran adalah, layanan tersebut tetap saja banyak pelanggannya.

Bukan hanya produk digital saja, produk fisik juga. Sebagai contoh ketika membeli iPhone dari Apple Store lokal akan berbeda “feel”-nya dengan iPhone yang dibeli langsung dari Apple Store di US. Kenapa coba? Padahal sama-sama iPhone, bentuknya juga sama. Mungkin terselip rasa bangga saja sih karena membeli langsung dari US. Bukan bangga karena ongkos kirimnya yang mahal, walaupun memang sepertinya begitu. Hahaha.