The next is now: Samsung Galaxy Note Edge dengan fitur masa depan

Samsung adalah salah satu produsen atau developer peralatan elektronik kelas dunia terutama smartphonenya. Selama ini produk-produknya selalu berhasil laris manis di pasaran. Walaupun demikian, desain dari juga tipikal smartphone Samsung memang mainstream, akan tetapi sepertinya anggapan tersebut dipatahkan dengan munculnya Samsung Galaxy Note Edge. Desain yang tipis dan simple namun elegan langsung memukau mata saya begitu pertama kali melihat ponsel ini. Layar yang agak melengkung langsung menarik perhatian itu menurut saya sangat unik dan bisa menjadi sebuah fitur yang membuat smartphone ini beda dengan yang lain.

Desain anti-mainstream: tampil beda, unik dan siap-siap menjadi pusat perhatian

Samsung memang selalu mencetuskan fitur yang futuristik di setiap smartphonenya. Juga dengan spesifikasi. Satu hal lagi yang bisa menjadi kelebihan smartphone besutan Samsung adalah dari segi desain. Karena desain yang keren saja tidak cukup, maka Samsung selalu menambahkan sisi unik pada desain, terutama pada Galaxy Note Edge yang mencerminkan ponsel yang didesain untuk masa depan. Untuk anak muda seperti saya, tentunya ini menjadi salah satu inovasi menarik dari Samsung. Hadirnya inovasi pada sisi desain ini menjadikannya jauh dari kata monoton. Samsung dengan cerdik juga memberikan desain layar yang melengkung. Bisa dibilang memiliki smartphone dengan desain melengkung seperti itu akan membuat si pengguna lebih terlihat keren dan tentu saja menjadi pusat perhatian karena desainnya yang unik.

Layar yang melengkung ini bisa digunakan sebagai penggaris yang akurat (which is fitur yang sangat unik banget). Termasuk juga untuk menampilkan info dan notifikasi dari berbagai apps. Sehingga desain elegan dan futuristik yang dibuat ini bukan hanya tanpa alasan atau cuma ingin beda dari yang lain saja, tetapi juga ada gunanya juga. Ini menambah nilai plus Samsung Galaxy Note Edge di mata saya. Karena tidak banyak smartphone yang dirancang dengan apik seperti ini. Sebagai tambahan smartphone Galaxy Note Edge juga memiliki layar super arnoled dengan resolusi 2K 1600 x 2560 pixels dan ukuran 5.6 inch. Spesifikasi layar yang mumpuni itu pastinya akan membuat kita puas menonton video atau bermain game berat sekalipun.

Untuk orang yang senang bermain media sosial dan tahan menggunakan ponsel dalam waktu yang lama (seperti saya), layar ini menjadi salah satu nilai plus. Bagaimana tidak, saya bisa puas berlama-lama menonton video, scroll timelime twitter, apalagi timeline-nya @samsung_id karena sering bagi-bagi kejutan hehe. Gambar yang ditampilkan terlihat jernih sehingga mata tidak akan merasa lelah. Selain itu, tipe orang seperti saya dengan intensitas penggunaan smartphone yang cukup intens tidak perlu mengkhawatirkan lagi akan baterai, karena kapasitasnya sendiri sudah cukup. So, bisa saya katakan bahwa Galaxy Note Edge ini layak untuk dijadikan gadget yang dapat menemani kegiatan sehari-hari dengan segala fitur kerennya. Because the next is now.

Display kokoh dengan adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass

Kecelakaan tidak dapat diprediksi namun bisa dicegah. Nah, dengan adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass, tipe orang yang ceroboh seperti saya dapat lebih bernapas lega dan mengurangi rasa khawatir pada kejadian yang tak terduga seperti jatuhnya smartphone yang dapat berakibat kerusakan yang fatal terutama pada display jika tanpa adanya perlindungan Gorilla Glass. Dengan adanya Gorilla Glass ini juga membuat Galaxy Note Edge semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi saya.

Bukan hanya sebagai perlindungan saja, Gorilla Glass juga mampu menampilkan layar yang berkualitas dan cukup tajam. Sensitifitas sentuhannya juga bisa dikatakan baik sehingga akan sangat menguntungkan pengguna. Di sisi lain, Gorilla Glass menjadi salah satu keuntungan bagi saya yang menggunakan smartphone ini. Sebagai salah satu manusia dengan sifat ceroboh, bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti secara tidak sengaja ponsel ini terjatuh tentu akan sangat rugi jika smartphone ini layarnya langsung rusak. Dan dengan adanya perlindungan dari Gorilla Glass setidaknya tidak terlalu mengkhawatirkan akan hal tersebut.

Hardware yang solid dan baterai yang cukup: more productive & more entertainment

Banyak vendor berusaha meningkatkan spesifikasi smartphonenya akan tetapi bisa dibilang Samsung adalah salah satu contoh yang berhasil membuat salah satu smartphone dengan spesifikasi yang terbaik. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi Samsung Galaxy Note Edge yang telah dilengkapi dengan 2 varian Chipset yaitu Qualcomm Snapdragon dan Exynos 5433. Menurut saya hal ini benar benar keren untuk sebuah smartphone. Karena selain meningkatkan performa smartphone, dengan spesifikasi seperti itu tentu jarang bahkan mungkin tidak pernah lagi masalah seperti hang atau lag yang biasa terjadi pada smartphone dengan spek yang pas-pasan. Mau buka banyak aplikasi, mau main game bahkan edit-edit file kerjaan bukan masalah berarti.

Jujur saja, saya sudah malas menggunakan smartphone yang lemot dan memiliki kerja lambat. Untungnya, hal tersebut tentunya tidak terjadi lagi di smartphone ini (If I had that device). Samsung Galaxy Note Edge bekerja dengan sangat baik (berdasarkan review). Hal ini karena GPU Mali-T760 yang kemudian dipadukan dengan RAM berukuran 3 GB. RAM berukuran besar tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa smartphone ini bisa bekerja dengan lembut dan tidak mengalami lag sama sekali. Eits, tapi itu belum selesai karena Samsung Galaxy Note Edge ini telah menggunakan sistem Android KitKat 4.4.4 (masih bisa di upgrade ke Android Lollipop) yang kemudian ditambah dengan UI Samsung Touchwiz.

Saya adalah tipe orang yang senang menyimpan banyak data di ponsel. Mulai dari gambar, foto, video, lagu-lagu sampai file kerjaan. Begitu juga dengan berbagai macam aplikasi dari Goggle Play. Karena itu saya selalu mendambakan smartphone dengan kapasitas memori yang besar. Dengan begitu saya tidak akan kebingungan lagi untuk menyimpan banyak data. Dan Samsung Galaxy Note Edge sepertinya dapat menjadi pilihan yang tepat karena telah menyediakan kapasitas memori internal yang sangat besar yaitu 32 GB. Dengan memori internal sebesar itu saya bisa menyimpan banyak sekali aplikasi game dan juga hiburan lainnya. Apalagi bisa dibilang saya hardcore gamers yang suka mengoleksi banyak game dan kebetulan memang ada banyak game dengan kualitas AAA di Android yang biasanya memakan kapasitas besar.

Kembali lagi ke kebiasaan saya yang senang berlama-lama menggunakan smartphone, maka sudah pasti saya akan selalu mencari ponsel dengan baterai yang tahan lama. Untuk kasus ini, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note Edge tergolong cukup untuk ukuran smartphone. Dengan ukuran 3000 mAh, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar namun saya sakira sudah dapat menemani aktvitias keseharian. Apalagi jika mengingat teknologi power saving yang telah dimiliki oleh setiap smartphone yang dikeluarkan Samsung. Sehingga mampu menghemat pemakaian baterai secara optimal. Ah, kerja mending pake ini aja, karena bisa dimana aja dan tentu saja sudah bisa multi-tasking!

Fitur-fitur unik: bersiap menjadi pusat perhatian (lagi)

Salah satu ciri khas Samsung dibandingkan vendor lain adalah adanya fitur Stylus Pen. Stylus Pen seperti sudah menjadi ciri khas dari setiap seri Note yang dikeluarkan oleh Samsung. Tentunya penampilan dari smartphone ini menjadi semakin elegan dan menarik dengan adanya Stylus Pen. Tetapi, Stylus Pen ini hanya satu dari beberapa fitur lain yang juga turut dihadirkan oleh Samsung dalam Galaxy Note Edge. Ada lagi beberapa fitur yang turut menarik perhatian saya. Seperti sensor UV, heart rate, air gestures, dan fingerprint sensor. Untuk yang terakhir saya sebutkan, yaitu fingerprint sensor, adalah fitur yang menarik bagi saya. More secure.

Fingerprint sensor menjadi menarik bagi saya karena masih jarang ditemukan di smartphone yang beredar di Indonesia. Tetapi Samsung sudah menambahkan fitur ini ke dalam beberapa produknya. Menurut saya, ini merupakan salah satu inovasi canggih dan menarik. Walaupun sebenarnya teknologi ini sudah cukup lama ditemukan. Selain itu, konekvitas internetnya yang benar-benar advanced dimana kita bisa browsing dengan menghubungkan ke WIFI ataupun internet provider mendapatkan koneksi yang kencang dengan 4G (walaupun baru tersedia di beberapa kota besar saja). Hal ini membuat saya benar-benar jatuh cinta dengan smartphone ini karena harus saya akui saya adalah netizen yang cukup sering melakukan browsing internet sehari-harinya.

Kamera: jangan lewatkan setiap momen, abadikan dan share

Sudah bukan rahasia lagi anak muda zaman sekarang senang sekali untuk mengambil gambar atau mengabadikan momen kemudian mempostingnya ke media sosial. Sehingga tentu saja saya perlu ponsel dengan spesifikasi kamera yang bagus. Dengan begitu hasil gambar yang didapatkan bisa terlihat bagus dan tidak perlu diberikan filter lagi. Tentunya gambar yang diposting tanpa diedit terlebih dahulu akan lebih menarik. Untungnya, Samsung Galaxy Note Edge sudah lebih dari cukup untuk melakukan ini. Kamera yang dimiliki cukup besar yaitu dengan ketajaman 16 Megapixel. Bagi yang suka zoom-zoom foto cocok banget.

Kamera yang dimiliki juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur. Apa sajakah itu? Ada LED Flash, Autofocus, dan berbagai sensor serta filter lainnya yang dapat berguna untuk mengingkatkan kualitas foto. Fitur-fitur ini bisa sangat membantu dan sangat cocok untuk mengabadikan momen. Sehingga ketika dicetak pun, hasil foto yang dimiliki akan lebih berkualitas. Tidak akan jauh berbeda dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera digital. Fitur Autofocus akan membantu untuk menghasilkan foto yang tidak blur. Cocok untuk anak muda kekinian yang loyal bersosial media seperti saya.

Selain itu fitur LED Flash juga cukup membantu saya mengambil gambar ketika berada di tempat yang gelap atau pencahayaannya kurang. Dengan berbagai efek dan filter yang dibenamkan pada aplikasi kamera, hasil foto yang didapatkan relatif lebih bagus dengan pemilihan angle yang tepat tanpa perlu memiliki skill fotografer. Selfie? Bikin vlog? Why not? Kamera depan sudah 3.7 mega pixel tentu akan menghasilkan selfie yang lebih keren lagi. Juga sudah mampu untuk merekam video dengan resolusi [email protected] Saya sih malah khawatir jika mempunyai smartphone ini, takutnya selfie terus.

Harga dan kesimpulan

Dengan harga pada kisaran 10 juta-an tentu Samsung Galaxy Note Edge merupakan salah satu produk premium yang dikeluarkan oleh Samsung. Rasa bangga mungkin akan menyelimuti saya kalau memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan ponsel yang satu ini, mengingat predikat smartphone premium yang disandangnya. Merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah produk premium bisa menjadi sebuah investasi yang dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas dengan segala macam spesifikasi yang diberikan dalam ponsel Samsung Galaxy Note Edge ini.

PS: Artikel ini diikut sertakan dalam lomba yang diadakan oleh Samsung, bukan sepenuhnya hasil dari pemikiran saya. And unfortunately belum terpilih menjadi juara. Hopefully di lomba berikutnya bisa jadi juara yes.