Mengatasi file virtualhost yang hilang

This is actually not the end of the world (biasanya Matt Cutts suka bilang gitu), tapi tetap saja was-was dengan hilangnya file konfigurasi domain.tld.conf virtualhost apache di server (Ubuntu 14.10) yang biasanya terletak di folder /etc/apache2/sites-available/ belum diketahui penyebabnya. Raip begitu saja. Padahal domain yang sudah dikonfigurasi lumayan banyak (untuk ukuran saya). Tapi ini gak ada efek apa-apa sih sama Server, saya hanya penasaran aja kenapa file-file tersebut bisa hilang.

Awalnya, panik luar biasa. Mengingat disitu ada website utama yang sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Banyak juga website pendukung di Droplet tersebut. Tanya kemana-mana, mulai dari temen Facebook, ngoceh di Twitter, tanya ke Community, sampai submit ticket support.

Karena bosan menunggu balasan yang tak kunjung datang, gatel juga sih, terus aja browsing, siapa tahu ada yang mengalami masalah serupa. Dan.. Oke, sampai sini sudah bosan tingkat lanjut. Jawaban belum dapat juga. Tapi justru masalah lain timbul, bahkan lebih parah lagi masalahnya.

Ketika saya hendak menambahkan domain baru dengan metode yang sama yaitu dengan menambahkan file konfigurasi virtualhost untuk domain yang baru ditambahkan. Detailnya gini..

sudo mkdir -p /var/www/domain.tld/public_html
sudo chown -R $USER:$USER /var/www/domain.tld/public_html
sudo chmod -R 755 /var/www
nano /var/www/domain.tld/public_html/index.html

Nah, sampai sini masih lancar nih. Lanjut ke tahap selanjutnya..

sudo cp /etc/apache2/sites-available/000-default.conf /etc/apache2/sites-available/domain.tld.conf

Disini masalah muncul, no such file or directory, yaiyalah kan file domain.tld.conf nya juga kan gak ada, hilang tanpa sebab, munculnya error tersebut masih logis dan masuk akal sih. Sempat berpikir ke arah situ. Lalu, dengan inisiatif, saya coba buat file konfigurasi baru aja. Dan ternyata setelah diisi dengan konfigurasi default, masih tetap error, namun error-nya beda, sekarang muncul domain-lain.tld.conf doesn’t exist.

Ternyata bikin file konfigurasi baru saja tidak cukup, jadi harus membuat juga file konfigurasi untuk semua domain. Ya mau tidak mau, bikin lagi deh semua file konfigurasi virtualhost-nya untuk SEMUA domain. Hehehe (seuri haseum). Dan ternyata itulah jalan keluarnya, yaitu bikin lagi semua file konfigurasi virtualhost untuk semua domain. Setelah itu upload semua file tersebut ke /etc/apache2/sites-available/ dan restart kembali apache-nya dengan perintah sudo service apache2 restart.

Done, have a nice day!